Oleh: animespace | Desember 18, 2007

Godam

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Godam

dilukis oleh Admiranto Wijayadi,2005
Nama Asli Godam, sedangkan Awang adalah tubuh pembawa.
Pekerjaan Godam seorang prajurit , Awang seorang sopir.
Kekuatan/kemampuan Kekuatan super, terbang, kebal.
Teman-teman Gundala, Aquanus, Maza, Tira, Merpati, Boga, Kalong, Jin Kartubi, Sembrani, Pangeran Mlaar.
Musuh-musuh Roh Setan/Doktor Setan, Sang Kolektor,Bocah Atlantis,G.A.S (Gabungan Anti Superhero),Mpu Selamawa, Kelompok Kucing Merah.
Kreator Widodo Noor Slamet alias Wid NS
Pertama diterbitkan Penerbit Kentjana Agung (1969)

Godam adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Muncul pertama kali dalam judul Memburu Doktor Setan pada tahun 1969.Genre komik adalah Fantasi. Jelas tampak pengaruh komik superhero Amerika pada desain karakter maupun jenis kekuatannya, meskipun alur ceritanya bergaya Indonesia. Lokasi cerita sering digambarkan di kota Yogyakarta. Godam termasuk karakter komik yang cukup populer di Indonesia di samping Si Buta dari Gua Hantu, Panji Tengkorak dan Gundala.

 

Kisah

 

Godam berasal dari dimensi lain di mana terdapat negeri yang bernama Godam. Dikarenakan perlawanannya terhadap kekejaman Ratu Candalani, Godam yang masih bayi putra bangsawan negeri Godam menjadi buronan sebagaimana kedua orang tuanya yang dianggap memberontak terhadap kekuasaan Candalani.

 

Pakaian Sakti

 

Dalam pelariannya Godam mendapatkan benda-benda sakti yaitu baju sakti yang bisa menjadikannya sangat kuat dan kebal dan kain bendera yang membuatnya bisa terbang.

 

Sumpah Yang Terlanggar

 

Dikarenakan sumpahnya kepada Dewi Pengasuh Sukma terlanggar, yaitu tidak boleh menyebabkan terbunuhnya seseorang; padahal putra Candalani bunuh diri karena malu kalah tanding dengan Godam, maka Godam dikurung dalam cincin sakti. Cincin itu diberikan kepada Bapa Kebenaran di dimensi manusia. Awang yang seorang sopir mendapat kepercayaan menjadi media perwujudan Godam dalam menjalankan kewajibannya menumpas kejahatan.

 

Musuh Besar

 

Musuh bebuyutan Godam adalah Roh Doktor Setan/Roh Setan yang berwujud kalung berliontin batu permata. Permusuhan mereka dimulai sejak sebelum Awang dipilih menjadi tubuh manusia Godam [1]. Banyak sekali peristiwa-peristiwa dengan Roh Doktor Setan ini, seperti dalam kasus “Mencari Jejak Mayat” (1970), “Sinar Mata-X” (1973), dan “Panik” (1976).

 

Hilangnya kekebalan

 

Kekebalan Godam hilang dikarenakan akan membuka identitas rahasianya kepada Gundala. Bapa Kebenaran membawa pergi Godam sebelum ia sempat menyebut nama Awang. Hukuman baginya adalah hilangnya kekebalan yang disebabkan suatu sinar. Semburan sinar mata zamrud dari anggota Gerombolan Kucing Merah-lah yang ternyata menjadi penyebab hilangnya kekebalannya

 

Bahu membahu
Sering dalam petualangannya melawan kejahatan ia bekerja sama dengan jagoan lainnya seperti Gundala, Aquanus, Maza, Tira, Sembrani, dan lainnya. Mereka bahu membahu menghadapi Roh Setan, Ztulos si Bocah Atlantis, Gerombolan Kucing Merah, Penyihir Solsoldola sampai Sang Kolektor di angkasa luar. Kelompok GAS pimpinan Empu Selamawa hampir melumpuhkan semua jagoan yang melawan mereka.

 

Wanita Hadiah

 

Bicara tentang wanita, seorang wanita super dari Planet Thalezer (yang dihadiahkan oleh Kaisar Thelezer karena jasanya menumpas para teroris); yaitu Shundra tergila-gila kepadanya, meskipun Godam selalu menghindar darinya.


Responses

  1. cukup menarik, karena godam adalah superhero indonesia…syg tidak berkembang disesuaikan jaman, andai bisa diwujudkan lagi di era ini dengan penyesuaian2

  2. waduh mestinya muka Wid NS atau Awang dong


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: